Tanggap Covid-19 Untuk Meningkatkan Kesehatan Masyarakat Desa Kliwonan, Grabag, Magelang

    Wahyudi Wahyudi Wahyudi, Salsabila Resaputri Mulyono,

Abstract

Tujuan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah: (1) meningkatkan pengetahuan serta pemahaman masyarakat mengenai bahaya dan penularan COVID-19, (2) meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai tindakan promotif dan preventif sebagai upaya memutus mata rantai penularan COVID-19, (3) meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini dilaksanakan dengan metode sosialisasi dan edukasi secara daring dan tatap muka dengan memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku. Dalam kegiatan ini menggunakan teknik pendekatan masyarakat mezzo dan makro. Pendekatan masyarakat mezzo adalah pendekatan atau pembedayaan yang dilakukan terhadap sekelompok penerima manfaat, yaitu masyarakat di tingkat RT/RW. Sedangkan pendekatan makro adalah pendekatan yang diarahkan pada suatu lingkungan yang lebih luas.

Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah (1) peningkatan pengetahuan serta pemahaman masyarakat mengenai bahaya dan penularan COVID-19, (2) peningkatan kesadaran masyarakat mengenai tindakan promotif dan preventif sebagai upaya memutus mata rantai penularan COVID-19, (3) peningkatan kesadaran masyarakat terhadap perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Dengan hasil kegiatan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa masyarakat dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang COVID-19 dan dapat menerapkannya dalam kehidpan sehari-hari untuk memutus mata rantai penularan COVID-19.

Full Text:
Section
Kesehatan