Desa Pengalangan Menuju Sistem Ecofarming Integrated Berbasis Organik

    faisol humaidi, Aminatuzzuhro Aminatuzzuhro, Linda Kurnia Hadi Putra,

Abstract

Tujuan khusus dari Program Pengabdian Desa Pengalangan menuju sistem Ecofarming Integrated berbasis organik adalah; (1)  Menjadikan desa Pengalangan Kecamatan Menganti Gresik Jawa Timur menjadi sentra Ecofarming Integrated berbasis Organik dengan produk hortikultura. (2) Aplikasi hasil riset unggulan perguruan tinggi yang sesuai dengan urgensi kebutuhan masyarakat; (3) Memberikan pendampingan  masyarakat melalui pembuatan pupuk organik padat maupun cair, pestisida organik; (4) Menjadikan desa Pengalangan sebagai Sentra SayurOrganik.

Metode yang diterapkan adalah Ecofarming Integrated berbasis Organik dengan optimalisasi potensi dari limbah peternakan yang diolah untuk pupuk organik bagi tanaman  sayuran dan padi. Serta penyediaan pakan ternak dari limbah jerami yang yang melimpah untuk pakan ternak dengan silase.

Hasil kegiatan tahun 2018 produksi kotoran sapi menjadi pupuk kandang rata-rata 2500 kg sampai dengan 3000 kg kg per 21 hari. Sedangkan untuk urine sapi menjadi pupuk pelengkap cair (PPC)  dalam kurun waktu untuk 1 peternak dengan populasi sapi 11 ekor telah menghasilkan produk PPC 200 liter siap pakai. Harga per 1 kg pupuk kandang masak sebesar Rp 350. Sedangkan 1 liter PPC curah seharga Rp.5.000. Rata-rata peternak 1 kali membuat 3000 kg menghasilkan pendapatan kotor sebesar Rp.1.050.000. sedangkan PPC rata-rata laku sebesar 100 liter  dengan pendapatan kotor sebesar Rp. Rp.500.000.

Keywords: Ecofarming Integrated, pupuk organik, Sentra Produk Organik
Full Text:
Section
Teknologi Tepat Guna