PENINGKATAN KAPASITAS DAN MANAJEMEN USAHA DESA WISATA PANDANSILI DESA NGAMPUNGAN BARENG JOMBANG

PENINGKATAN KAPASITAS USAHA WISATA DESA

    Sayekti Suindyah Dwiningwarni, Yurilla Endah Muliatie, Machrus Ali, Agnes Alysia, Firda Nur Fadhilah, Arya Sulka Cakra Buana,

Abstract

Desa Ngampungan merupakan sebuah desa yang terletak di wilayah Selatan dari Kecamatan Bareng Jombang, yang terletak di bawah kaki gunung Arjuno. Masyarakat desa ngampungan memiliki tradisi dan adat istiadat yang turun temurun, yaitu pernikahan, kelahiran, kehidupan bermasyarakat, sampai prosesi kematian dan pasca kematian. Di Desa ini terdapat wisata desa yang dikenal dengan nama wisata alam “Pandansili”. Mitra Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah BUMDes “Maju Sejahtera” Desa Ngampungan Bareng Jombang, yang didirikan pada tahun 2015. BUMDes ini mengelola berbagai unit usaha dan salah satunya adalah usaha wisata desa. Obyek wisata ini menyediakan fasilitas wisata kolam renang, bermain anak, karaoke, spot foto, warung, toilet, parkir, tempat istirahat berupa rumah joglo. Namun, untuk fasilitas kolam renang, masih belum dilengkapi dengan peralatan dan perlengkapan renang yang memadai serta belum memiliki pelatih renang tersendiri. Obyek wisata ini tempatnya jauh dari ibukota kecamatan, sehingga membutuhkan promosi yang optimal agar masyarakat di kabupaten Jombang mengenal obyek wisata ini.

Tujuan program ini antara lain: pertama, meningkatkan kapasitas layanan mitra, dan kedua, meningkatkan omzet Mitra. Metode yang digunakan adalah pelatihan, pendampingan, kemitraan, monitoring dan evaluasi. Hasil program PKM ini antara lain: Mitra memiliki fasilitas perlengkapan renang; Mitra memiliki pelatih renang; jumlah pengunjung obyek wisata meningkat dan melakukan MoU dengan pihak asuransi Jasindo.

Full Text:
Section
Ekonomi, Sosial, dan Budaya