Penyuluhan Tentang Penataan Kawasan Budidaya Air Tawar Untuk Mendukung Kampung Wisata Di Dusun Kerujuk Desa Pemenang Barat Kecamatan Pemenang Kabupaten Lombok Utara

    Muhammad Junaidi, Muhamad Marzuki, Bagus Dwi Hari Setyono, Fariq Azhar,

Abstract

Kawasan perkolaman budidaya air tawar di Dusun Kerujuk belum ditata dan didesain dengan baik sesuai dengan fungsinya  dan pemamfaatan ruang belum optimal. Kolam ikan dibuat asal-asalan dan terkesan seperti kubangan air saja. Hal ini menyebabkan  produktivitas budidaya tidak maksimal.Untuk menciptakan kawasan budidaya air tawar yang menarik untuk dikunjungi wisatawan dan peningkatan produktivitas budidaya ikan air tawar, maka perlu dilakukan kegiatan penyuluhan tentang penataan kawasan budidaya air tawar untuk mendukung kampung wisata.

Penyuluhan  ini bertujuan memberi pemahaman kepada masyarakat bahwa dengan penataan kawasan budidaya ikan dengan baik dan benar akan memberi peningkatn produktivitas budidaya ikan dan menarik untuk dikunjungi wisatawan. Hasil kegiatan penyuluhan yang telah dilakukan menunjukkan bahwa dapat memberi manfaat bagi masyarakat. Ini tampak dari antusiasnya masyarakat dalam tanya jawab dan termotivasi mengembangkan dan penata kembali kawasan dan kolam ikan,  sehingga kegiatan ini perlu dilakukan secara berkelanjutan.

Keywords: penataan, penyuluhan, budidaya, kampung wisata, air tawar
Full Text:
Section
Ekonomi, Sosial, dan Budaya