Gerakan Saling Mendengar Sebagai Upaya Mewujudkan Marital Right Di Dalam Keluarga

    Anisa Puspa Rani, Siti Nurjannah, Arif Nasrullah,

Abstract

Kegiatan pengabdian pada masyarakat yang berjudul “Gerakan Saling Mendengar Sebagai Upaya Mewujudkan Marital Right Di Dalam Keluarga” telah dilaksanakan pada tanggal 7 September 2018 di Ruang Pertemuan Warga Desa Pijot, Kecamatan Keruak, Kabupaten Lombok Timur. Kegiatan pengabdian pada masyarakat tersebut dilaksanakan dengan metode sosialisasi dan kampanye gerakan saling mendengar antara suami dan istri dalam relasi di rumah tangga untuk mewujudkan marital right dalam keluarga. Kegiatan sosialisasi dilakukan, untuk memperkaya pemahaman tentang prinsip-prinsip marital right dalam keluarga.

Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini menyasar suami-istri sebagai anggota keluarga. Permasalahan yang menjadi target utama dalam kegiatan yakni untuk membekali pengetahuan tentang marital right yang meliputi aspek prinsip, strategi mewujudkan marital right, serta pentingnya komunikasi efektif dalam keluarga melalui gerakan saling mendengar dalam upaya menciptakan keluarga yang harmonis. Melalui pemahaman marital right yang baik, diharapkan peserta dapat meminimalisir berbagai potensi disharmonisasi di dalam keluarga.

Kampanye gerakan saling mendengar dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat ini diikuti oleh warga Desa Pijot, beserta staff aparatur desa, pegiat sekolah perempuan, serta mahasiswa. Kegiatan pengabdian berlangsung lancar dan diikuti dengan antusias hingga akhir kegiatan. Melalui kegiatan inii terdapat peningkatan kualitas interaksi sosial dalam rumah tangga yang bersifat komplementer dan dijalankan dengan prinsip saling menghargai satu-sama lain, sebab peserta telah diajarkan prinsip-prinsip dalam mewujudkan marital right di dalam keluarga.

Kegiatan pengabdian ini berjalan lancar dengan dukungan penuh warga masyarakat Desa Pijot, staf dan aparatur desa, pegiat sekolah perempuan, mahasiswa dan  peran serta civitas akademika Prodi Sosiologi, baik dosen, tenaga pendidik dalam mensukseskan kegiatan sebagaimana direncanakan. Pemaparan materi yang sesuai dengan isu aktual di masyarakat, serta sebagaimana hasil penelitian yang dilakukan oleh tim berdampak signifikan terhadap atensi dan minat peserta, khususnya dalam menyerap informasi dan pengetahuan yang disampaikan dalam kegiatan ini.

Keywords: Marital Right, Gerakan Saling Mendengar
Full Text:
Section
Ekonomi, Sosial, dan Budaya