Pemberdayaan Kelompok Usaha Tenun “Mekar Sari” Melalui Metode Participatory Rural Appraisal

    Ninik Probosari, Titik Kusmantini, Neng Neng Happy,

Abstract

Kegiatan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan, pemahaman, dan ketrampilan  tentang berbagai  hal yang berkaitan dengan kegiatan manajemen usaha serta membentuk dan mengembangkan sekelompok masyarakat agar mandiri secara ekonomi. Mitra kegiatan IbM ini adalah Kelompok Usaha Tenun ATBM “Mekar Sari” yang berlokasi di Desa Grogol dan Tlogosari Kecamatan Weru Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan Juli – Oktober 2017.

Dari kegiatan ini diharapkan berbagai permasalahan yang muncul bisa teratasi. Permasalahan tersebut antara lain terkendala dalam proses inkubasi koperasi dan memaksimalkan efektifitas kelompok, kendala SDM dan sarana promosi, kendala produksi dan pengembangan produk, serta kendala eksistensi usaha dan merk.

Metode Pelaksanaan menggunakan metode Parcipatory Rural Appraisal (PRA), yaitu metode yang lazim digunakan dalam pemberdayaan masyarakat. Fokus metode ini lebih ditujukan kepada “orang luar” di luar kelompok masayarakat yang akan didampingi ataupun diberdayakan untuk bisa memberikan arah bagaimana dan apa sajakah aspek-aspek strategis dan teknis yang bisa diterapkan dalam membantu masyakat untuk menyelesaikan segala permasalahan yang mereka hadapi.

Kegiatan yang telah dilaksanakan  meliputi     (1). Peningkatan efektifitas usaha kelompok melalui pemecahan kelompok menjadi KUBe Mekar Sari 1, 2, 3 dan 4.  (2).  Edukasi kaderisasi pengurus koperasi ataupun KUBe (3). Pembuatan katalog produk Kelompok Tenun ATBM “Mekar Sari.   (4). Edukasi Kesadaran Merek. ( 5). Praktik pengemasan produk tenun “Mekar Sari”.  (6). Pembuatan blog.

Keywords: Tenun, Batik, Kelompok Usaha Tenun ATBM “Mekar Sari”, Parcipatory Rural Appraisal (PRA)
Full Text:
Section
Ekonomi, Sosial, dan Budaya