Pengelolaan Sampah Organik Dan Anorganik Di Desa Lengkong Kulon Kabupaten Tangerang

    Dyah Ayu Anggreini Tuasikal, Ahmad Syahril Muharom, Dwi Dharma Arta Kusuma, Indiwan Seto Wahjuwibowo, M.B Nugraha, Mohammad Shobri,

Abstract

Jumlah area Desa Lengkong Kulon adalah 15331 km2. Desa Lengkong Kulon ini merupakan desa berkembang yang pada saat ini wisata yang akan dikembangkan pada desa ini adalah wisata religi, wisata kuliner, wisata air, dan dari segi ekonomi. Namun dari beberapa pengembangan tersebut, desa ini membutuhkan pengelolaan sampah. Sampah merupakan hal krusial bagi kehidupan dan kesehatan masyarakat. Di area yang luas tersebut terdiri dari beberapa RW yang memiliki kebijakan tersendiri untuk pengelolaan sampahnya. Ada yang melakukan pembakaran sampah, ada yang bekerjasama dengan pemerintah daerah untuk pengangkutan sampah, dan ada pula yang membuang sampah pada lahan kosong. Dari segi kesehatan untuk proses pembakaran sampah dan membuang sampah sembarangan memiliki dampak buruk, karena dapat mengakibatkan pencemaran lingkungan bagi masyarakat sekitar. Solusi yang ditawarkan dengan Program Kemitraan Masyarakat ini adalah dengan memberikan penyuluhan terkait pengolahan sampah, peminjaman mesin pencacah sampah organik dan anorganik, dan pengawasan dalam pemanfaatan mesin tersebut. Desa Lengkong Kulon memiliki bank sampah yang akan dikelola oleh pemuda-pemudinya. Bank Sampah ini adalah wadah bagi masyarakat untuk mengubah sampah yang mereka miliki menjadi uang. Dengan adanya mesin pengolah sampah, maka harga jual sampahnya akan lebih tinggi dibandingkan jika penjualan sampah sebelum diolah.

Keywords: Sampah, organik, anorganik, pengolahan

References

[1] Data Badan Pusat Statistik Kabupaten Tangerang. 2018
[2] Departemen Kesehatan Masyarakat RI. 1987. Pembuangan Sampah. Jakarta: Proyek Pengembangan Tenaga Sanitasi Pusat.
[3] Fadhilah A, Sugianto H, Hadi K, Firmandhani SW, Murtini TW, Pandelaki EE. 2011. Kajian Pengelolaan Sampah Kampus Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Diponegoro. Modul. 11(2): 62–71.
[4] Hadiwijoto S. 1983. Penanganan dan pemanfaatan sampah. Jakarta (ID): Yayasan Idayu.
[5] Lisa, Aisa. 2018. “Enviro School” Rumah Edukasi Pemanfaatan Sampah dalam Rangka Mewujudkan Generasi Peduli Lingkungan. Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat.
[6] Sahil J, Muhdar MHIA, Rohman F, Syamsuri I. 2016. Sistem Pengelolaan dan Upaya Penanggulangan Sampah Di Kelurahan Dufa- Dufa Kota Ternate. Jurnal Bioedukasi. 4(2): 478–487.
[7] Sitanggang, Ch Monica. Perencanaan Sistem Pengelolaan Sampah Terpadu. 2017. Jurnal Teknik Lingkungan, Vol.6, No. 1 (2017)
Full Text:
Section
Teknologi Tepat Guna