Pengayaan Materi Praktik Operasional Restoran Hotel Bagi Siswa Smkn Dki Jakarta

    LYLY SOEMARNI LIOE, Rahmat Kusnedi, Andi Guna,

Abstract

Bentuk pembelajaran dengan metode praktikum merupakan salah satu cara untuk menyampaikan materi pelajaran kepada siswa. Manfaat dari praktikum adalah melatih keterampilannya siswa secara aktif dan memberikan kesempatan bagi siswa menerapkan pengetahuan dan keterampilan teknis pada saat yang bersamaan sehingga memberikan pemahaman secara utuh atas materi pelajaran. SMKN Pariwisata memiliki jurusan Tata Boga dan Tata Hidang yang menerapkan metode pembelajaran praktikum dan kegiatan praktikum jurusan tata boga dan tata hidang dilakukan di dalam laboratorium yang terpisah. SMKN melihat adanya kebutuhan melakukan praktikum bersama antar siswa jurusan Tata Boga dan Tata Hidang sehingga keterampilan teknis siswa dapat diterapkan dalam lingkungan yang mendekati kondisi di industri.

Kegiatan pengabdian ini merupakan bagian dari program pengayaan materi praktikum bagi siswa SMKN dan pelaksanannya mengambil tempat di laboratorium restoran, laboratorium Kitchen dan Bakery & Pastry serta melibatkan dosen pengajar serta mahasiswa program studi Pariwisata. Tujuan kegiatan ini untuk memberikan pengalaman praktis bagi siswa dalam melakukan kegiatan praktikum bersama dan bersinerji antar siswa Tata Boga dan Tata Hidang.

Metode kegiatan adalah siswa Tata Boga membuat menu Balinese dari makanan pembuka, sup, utama sampai penutup dengan dipandu oleh seorang Chef instruktur dan dibantu mahasiswa dalam menyiapkan peralatan. Pada waktu yang bersamaan siswa Tata Hidang akan menyusun meja kursi serta menyiapkan peralatan yang dibutuhkan untuk layanan prasmanan (buffet) dan pemberian materi tentang layanan prasmanan dan praktik pembuatan minuman. Serta demonstrasi fruit carving dan ice carving serta mencoba teknik carving sederhana. Kemudian siswa Tata Hidang menjalankan perannya sebagai greeter pembuat minuman dan waiter saat  tamu datang ke restoran.

Manfaat program ini adalah memberikan pengalaman atas kegiatan operasional sebuah restoran hotel dan membangun bentuk kerjasama antar siswa serta memberikan pengalaman dalam mengolah makanan dalam jumlah banyak dengan waktu terbatas serta pengalaman memberikan layanan kepada tamu undangan.

Keywords: Metode praktikum, SMKN, restoran, praktik bersama
Full Text:
Section
Pendidikan