Peranan Teknologi Informasi dalam Mendukung Bisnis UMKM Para Ibu Rumah Tangga Di Kelurahan Banjar Sugihan RW 01, Kecamatan Tandes Surabaya

    Suzana Dewi, Isnaini Muhandhis,

Abstract

Kelurahan Banjar Sugihan RW 01 terdiri dari 6 Rukun Tetangga. Warga RW 01 adalah warga yang sibuk, para ibu-ibu RW 01, kebanyakan hanya menggunakan gadget sebagai sarana media sosial saja. Tentu saja hal ini sangat disayangkan, mengingat penggunaan gadget yang terhubung dengan internet sebenarnya dapat digunakan untuk kegiatan lain yang menghasilkan manfaat.

Warga RW 01 memiliki kegiatan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) yang memiliki potensi sangat bagus. Misalnya, ada UMKM Jamu dan UMKM Jajan Pasar. Usaha ini sudah berlangsung bertahun-tahun lamanya dengan kemasan tanpa merk dan label. Pemasaran produk juga dilakukan secara konvensional tanpa memanfaatkan teknologi yang telah ada.

Oleh karena itu, kegiatan PKM ini, diharapkan agar dapat membantu UMKM RW 01 Banjar Sugihan yang di kelola ibu-ibu ini dapat lebih berkembang lagi. Sehingga kemasan menjadi lebih menarik dan dapat melakukan pemasaran online. Adapun metode pendampingan secara intelektual digunakan untuk membentuk karakter ibu-ibu RW 01. Hal ini diharapkan dapat mengubah pemahaman dan pemikiran yang lebih baik dengan penerapan internet positif berupa pemanfaatan Teknologi Informasi.

Sebagai hasilnya Warga RW 01 yang memiliki UMKM dan warga yang akan mendirikan UMKM merasa sangat bermanfaat dengan adanya sosialisasi. Pendampingan ini membuat kemasan produk menjadi lebih menarik dan dapat melakukan pemasaran online.

Keywords: Teknologi Informasi, pemasaran online, pembuatan label UMKM
Full Text:
Section
Teknologi Informasi dan Komunikasi