Pengembangan Ekowisata Berbasis Masyarakat

    Rudy Pramono, D. M. Lemy, L. Soemarni, A. Pramezwary, Y Kristiana,

Abstract

Pemerintah kota Tangerang Selatan akan menjadikan Kelurahan Keranggan Kec. Setu sebagai Kampung Ekowisata atau Kampung Pariwisata Industri. Ekowisata berbasis masyarakat dapat menciptakan kesempatan kerja bagi masyarakat setempat, dan mengurangi kemiskinan, dimana penghasilan ekowisata adalah dari jasa-jasa wisata untuk wisatawan seperti fee pemandu, biaya transportasi, penyewaan homestay, menjual kerajinan, dan sebagainya.Ekowisata membawa dampak positif terhadap pelestarian lingkungan dan budaya asli setempat yang pada akhirnya diharapkan akan mampu menumbuhkan jati diri dan rasa bangga antar penduduk setempat yang tumbuh akibat peningkatan kegiatan ekowisata.

Kegiatan ini ditujukan untuk mewujudkan Kelurahan Keranggan sebagai kelurahan ekowisata berbasis masyarakat dengan dukungan mitra Pemerintah Kelurahan Keranggan dan Koperasi Cipta Boga. Permasalahan yang dihadapi pemerintahan kelurahan dan Koperasi Cipta Boga selain daya dukung fasilitas wisata, yang paling penting adalah kesiapan masyarakat dan pengelola lokal yang akan mengelola dan memelihara kegiatan-kegiatan wisata yang akan dilakukan. Kesiapan masyarakat dan pengelola lokal dalam kegiatan ekowisata ini, masih sangat kurang. Untuk mewujudkan tujuan ini selain mempersiapkan fasilitas perlu mempersiapkan masyarakat dan pengelola lokal yang mampu menjalankan kegiatan ekowisata berbasis masyarakat secara berkelanjutan.

Metode yang akan dipakai dalam kegiatan ini dimulai dengan  awal pelaksanaan ini adalah sosialisasi program ekowisata berbasis masyarakat, tahap kedua adalah pembentukan tim usaha yang akan dikoordinir oleh mitra Pemerintah Kelurahan dan KSU Cipta Boga, tahap ketiga mengadakan penyuluhan maupun pelatihan untuk meningkatkan kompetensi sumber daya manusia dalam pengelolaan atraksi wisata, tahap keempat peresmian ekowisata, tahap kelima kerja sama dan promosi, tahap terakhir merupakan tahap pendampingan dan evaluasi keberlanjutan. Tahap ekowisata berbasis masyarakat berkelanjutan ini merupakan hasil akhir dari serangkaian program yakni terbentuknya ekowisata berbasis masyarakat yang sinergis dan menarik di kawasan Keranggan secara berkelanjutan

Keywords: ekowisata, berbasis masyarakat, jasa wisata, Keranggan, pendampingan
Full Text:
Section
Ekonomi, Sosial, dan Budaya