Pelatihan Media Tanam Teknik Hidroponik Warga RW 09 Kelurahan Kembangan Utara Kecamatan Kembangan Utara Jakarta Barat

    Yoyoh Hereyah,

Abstract

Teknik penanaman hidroponik merupakan teknik bercocok tanam yang ramah lingkungan. Sayuran yang ditanam dengan hidroponik lebih sehat serta aman dikonsumsi. Sebagian orang mungkin masih sangat asing dengan tanaman hidroponik. Namun sebenarnya sudah banyak orang yang menggunakan metode penanaman tanaman yang satu ini.

Teknik menanam hidroponik tidak dapat diterapkan untuk semua jenis tanaman. Hanya beberapa saja yang cocok dan mampu tumbuh subur dengan hasil yang memuaskan.

Teknik menanam hidroponik sendiri sangat cocok diterapkan bagi lahan terbatas, dan tidak membutuhkan lahan berupa tanah luas, gantikan saja dengan teknik menanam hidroponik.

Begitu juga untuk bagi yang memiliki lahan kurang subur, penanaman menggunakan teknik hidroponik dapat membantu mendapatkan hasil panen memuaskan, juga dengan menerapkan penanaman dengan teknik hidroponik jika sudah berhasil maka anda dapat menjadikannya sebagai bisnis menguntungkan.

Kondisi di atas, sangat cocok sekali untuk diterapkan bagi warga Kelurahan Kembangan Utara, khususnya warga RT 9. Kontur dan kondisi wilayah yang padat penduduk, tidak banyak lahan luas, dan cenderung berhimpitan satu dengan yang lain, kalaupun ada ruang, itu pun terbatas. Pemukiman padat penduduk dan ruang terbatas yang dimiliki, alternatif menggunakan teknik tanam hidroponik, menjadi alternatif pilihan untuk membuat dan menghasilkan tanaman sayur dilahan sempit tersebut.

Keywords: Hidroponik, lahan terbatas, pemberdayaan, ekonomi kreatif
Full Text:
Section
Teknologi Tepat Guna