Percepatan Pembuatan Kompos dengan Masukan Bio-Aktivator di Desa Ombe Baru, Kecamatan Kediri Kabupaten Lombok Barat

    I Putu Silawibawa, R. Sutriono, Ni Wayan Dwiani Dulur,

Abstract

Kesadaran masyarakat/petani untuk menggunakan pupuk organik dalam mengelola usaha taninya perlu mendapat dukungan dari semua puhak. Namun kebutuhan petani terhadap pupuk organik dalam bentuk kompos mendapat kendala karena harga yang relative tinggi dan dibutuhkan dalam jumlah banyak. Bahan baku untuk pembuatan kompos sangat banyak tersedia di desa, akan tetapi karena pengetahuan dan keterampilan petani yang masih kurang menjadi hambatan utama dalam pembuatan kompos.

Kegiatan pengabdian pada masyarakat yang berjudul Percepatan Pembuatan Kompos dengan Masukan Bio-aktivator di Desa Ombe Baru Kecamatan Kediri Kabupaten Lombok Barat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan petani dalam pengolahan bahan organik menjadi kompos dengan masukan bio-aktivator.

Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan pada bulan Juli sampai dengan bulan Agustus 2018 yang bertempat di salah satu rumah petani di desa Ombe Baru Kecamatan Kediri Kabupaten Lombok barat yang dihadiri oleh 28 peserta.

Berdasarkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat, maka dapat disimpulkan bahwa, kegiatan penyuluhan percepatan pembuatan kompos dengan masukan Bio-aktivator di Desa Ombe Baru Kecamatan Kediri Kabupaten Lombok Barat, dinilai berhasil. Hal ini dapat dilihat dari respon
petani dalam mengikuti kegiatan pengabdian pada masyarakat, baik dalam diskusi maupun dalam memperhatikan kegiatan demonstrasi pembuatan kompos.

Keywords: Pupuk organik, kompos, bio-aktivator
Full Text:
Section
Teknologi Tepat Guna