LOKAKARYA TIM KOMUNIKASI UPH KEPADA ASN KABUPATEN MINAHASA SELATAN TENTANG CITY BRANDING - (SDG #11)

    Carly Stiana Scheffer-Sumampouw, Magdalena Lestari Ginting, Ilynka Maria Aprilia,

Abstract

Menindaklanjuti nota kesepahaman antara UPH dan Kabupaten Minahasa Selatan, maka sebagai langkah pertama dari implementasi kerja-sama perguruan tinggi dengan pemerintah kabupaten, diadakanlah lokakarya yang merupakan rangkaian kegiatan dari Pusat Studi G20 Indonesia: UPH Giving Back to Community 2023: North Sulawesi.

Tahapan pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada Masyarakat diawali dengan needs assessment di bulan April 2023. Dalam tahapan inilah, pihak mitra menyatakan kebutuhan prioritas pemerintah daerah ialah pengembangan pariwisata dan secara spesifik membutuhkan pengetahuan dan keterampilan dalam hal digitalisasi.

Untuk itu, lokakarya yang dilaksanakan fokus pada city branding dengan judul materi lokakarya: DIGITALISASI PARIWISATA dan KOMUNITAS, KOTA BERKELANJUTAN SDG #11). Kegiatan ini dihadiri oleh 35 aparatur sipil negara (ASN). Fasilitator utama dari prodi ilmu komunikasi dibantu oleh 5 fasilitator lainnya dan seorang multimedia/notulen menghasilkan transfer knowledge antara akademisi dan ASN yang menghasilkan konsep smart city branding 3P: people, place and product yang secara khas merupakan identitas daerah kabupaten Minahasa Selatan.

Keywords: digitalisasi, Minahasa Selatan, pariwisata, SDG#11
Full Text:
Section
Teknologi Informasi dan Komunikasi