PENGUATAN DIGITAL BRANDING MELALUI WORKSHOP STRATEGI KOMUNIKASI BERMEDIA SOSIAL DI DESA SIDOWAYAH, KLATEN

    sri herwindya baskara wijaya, Ina Primasari, Henricus Hans Setyawan Prabowo, Joko Suranto, Dwi Tiyanto, Aryanto Budhy Sulihyantoro, Deniawan Tommy Candra, Ahimsa Adi Wibowo, Adimas Maditra Permana, Eka Nada Shofa Alkhajar,

Abstract

Desa Sidowayah, Kabupaten Klaten, Jawa tengah merupakan salah satu desa wisata di Indonesia yang dikenal memiliki dan mengembangkan beberapa potensi wisata lokal daerah, sebut saja Kawasan Wisata Terpadu, Kawasan Agro Komplek, Kawasan Perdagangan dan Jasa, Kawasan Industri Kreatif, Kawasan Penyangga Konservasi Area, Kawasan Pemerintahan dan Pendidikan dan Kawasan Komersil. Meski memiliki potensi wisata yang menjanjikan, namun promosi wisata desa terkait dipandang masih belum optimal tak terkecuali pada aspek promosi melalui media sosial. Komunikasi pemasaran digital menjadi pilihan strategi promosi popular karena dipandang lebih mudah, murah dan bersignifikasi positif bagi sektor pariwisata. Terlebih lagi, pandemi COVID-19 telah menjadikan pariwisata sebagai sektor paling terdampak sehingga berimbas pada citra, tingkat kunjungan wisatawan serta pendapatan para pelaku pariwisata dan masyarakat.

Berdasarkan latar belakang di atas, kegiatan pengabdian masyarakat ini dimaksudkan membantu mengatasi permasalahan yang dihadapi desa mitra terkait yakni pada aspek penguatan digital branding desa wisata melalui workshop strategi komunikasi bermedia sosial di Desa Sidowayah, Klaten. Kegiatan ini diselenggarakan pada Kamis, 20 Juli 2023 di Omah Dolanan, Desa Sidowayah, Klaten diikuti 25 peserta dari kalangan badan usaha milik desa, kelompok sadar wisata, pengelola media digital desa dan karang taruna. Pembicara kegiatan berasal dari praktisi komunikasi digital, CV Cipta Gemilang Visual (CGV) dengan materi tentang internet dan media sosial, digital branding, produksi video digital dan praktik produksi video digital. Hasil yang dicapai dari kegiatan ini adalah desa mitra memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk mempraktikkan digital branding dengan baik.

Keywords: Digital branding, desa wisata, media sosial
Full Text:
Section
Teknologi Informasi dan Komunikasi