Storyteller sebagai Agen Budaya

    Magdalena Lestari Ginting,

Abstract

Berbicara di depan umum adalah proses berbicara kepada sekelompok orang dengan cara terstruktur yang disengaja dengan maksud untuk menyampaikan informasi, persuasi, maupun sebagai entertain. Berbicara di depan umum memerlukan keterampilan bertutur dalam aturan bahasayang baik. Di sisi lain, secara psikologis ada ketakutan dan kegelisahan menjadi penghambat bagi orang yang belum pernah melakukan public speaking.

Dalam berbagai kesempatan, kegiatan public speaking diperlukan karena adanya protocol yang akan menentukan sebuah keberhasilan sebuah acara. Sehingga hampir setiap kegiatan, identik dengan aktivitas yang mensyaratkan pembicara utama atau pembawa acara. Maka dari itu, keterampilan untuk dapat berbicara di depan forum sangatlah penting di jaman sekarang.

Pengabdian masyarakat yang dilakukan kali ini memberikan sebuah ketrampilan story telling yang memampukan seseorang menyajikan sebuah cerita yang kepada orang lain dengan tujuan untuk menyampaikan pesan atau informasi yang bersifat mendidik. Bercerita pada anak usia dini diharapkan dapat membantu anak untuk mampu mendengar sesama dan menjadi sarana dalam memahami suatu budaya.

Full Text:
Section
Pendidikan