Edukasi Makanan Pendamping Asi (MP-ASI) Melalui Konseling Dan Demo Makanan Pada Ibu Menyusui

    Retno Mardhiati, Nur Setiawati Rahayu, Nursyifa Rahma Maulida,

Abstract

Kebutuhan gizi anak yang tercukupi dan sesuai dengan umurnya akan memberikan dukungan terhadap tumbuh kembang anak. Adanya kelainan motorik, status gizi stunting, dan permasalahan pencernaan serta timbulnya alergi sangat berkaitan dengan pemberian MP-ASI secara tepat dan benar. Tujuan kegiatan ini adalah memberikan edukasi pada ibu menyusui tentang status gizi balita, mp-asi, dan perkembangan motorik. 

Permasalahan mitra-mitra kegiatan ini adalah kurangnya pengetahuan dan pemahaman ilmu yang terkait dengan gizi balita dan MP-ASI. Solusi dengan dilakukan untuk menangani masalah mitra pemberian pengetahuan atau KIE tentang ilmu gizi anak. Mitra juga mendapatkan keterampilan pengolahan makanan yang benar sehingga tidak menghilangkan vitamin.  

Kegiatan PKM ini dilakukan di masyarakat kelurahan Srengseng Sawah kecamatan Jagakarsa, di RW 009 dan RW 010. Mitra berkontribusi dalam penyediaan ruangan dan sarana, komunikasi dengan warga. Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk konseling dan demo pembuatan MP-ASI. Kegiatan ini dilakukan oleh tim yang memiliki bidang keahlian gizi kesehatan masyarakat. Tim pengusul didukung oleh lembaga Pemberdayaan dan Pengabdian Masyarakat UHAMKA yang menyediakan peralatan jika dbutuhkan. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan tentang pentingnya MP-ASI yang benar dan tepat, cara pembuatan MP-ASI yang meningkatkan selera bayi, perkembangan motorik bayi, dan cara pemantauan tumbuh dan perkembangan bayi. Ibu menyusui termotivasi untuk menerapkan pembuatan MP-ASI yang benar dan sesuai umur. 

Keywords: MP-ASI, ibu menyusui, bayi, stunting, status gizi
Full Text:
Section
Kesehatan