PROMOSI KESEHATAN TENTANG POSISI MIRING PADA IBU SAAT PERSALINAN UNTUK MENGURANGI TRAUMA PERSALINAN DI PRAKTEK MANDIRI BIDAN ALISYAH KOTA MEDAN

    Marlina Simbolon, Eva Ratna Dewi, Ingka Kristina Pangaribuan,

Abstract

Tingginya angka persalinan section caesarea dipengaruhi banyak hal. Salah satunya adalah trauma persalinan pada ibu dikarenakan waktu persalinan yang cukup lama. Hal tersebut dapat dikarenakan posisi persalinan yang tidak tepat. Sebagian kematian maternal dan perinatal banyak terjadi pada saat persalinan. Salah satu penyebabnya kala II lama (37%) dan asfiksia pada bayi (28%). Proses persalinan pada ibu terkadang banyak mengalami berbagai penyulit sehingga edukasi posisi miring kanan dan kiri itu lebih efektif untuk ibu dalam  proses persalinan yang normal pada ibu.

Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini untuk memberikan informasi kapada ibu-ibu tentang  rasa nyaman saat ibu bersalin dan dan posisi miring kanan dan kiri juga dapat menghilangkan trauma dalam menghadapai persalinan. Sebagian ibu-ibu yang bersalin hanya dengan posisi terlentang saja, sehingga rasa trauma yang dialaminya lebih sering muncul dibandingkan dengan posisi miring. Metode yang digunakan dalam promosi Kesehatan ini adalah dengan memberikan kuesioner pre dan post kepada ibu-ibu terkait dengan posisi saat melahirkan.

Hasil pengabdian didapat pengetahuan ibu sebelum di berikan penyuluhan ada 53% yang berngetahuan kurang sedang kan yang baik 47%. Dan hasil pengabdian sesudah diberikan promosi Kesehatan pada ibu semakin meningkat ya tiu sebesar 73% berpengetahun baik, 27 % berpengetahuan kurang sehungga ada peningkatana sebelum dan sesudah di berikan promosi Kesehatan pada ibu terkait posisi miring saat melahirkan dapat menghilangkan trauma saat melahirkan.

Full Text:
Section
Kesehatan