PPM PENGUSAHA MINUMAN SARI KEDELAI DI DRIYOREJO

    Suzana Dewi, Suryo Atmojo, Nurwahyudi Widhiyanta, Hisyam Ib Dani, Ferdianus Fernando,

Abstract

Program Pengabdian Masyarakat untuk mengembangkan Usaha Kecil Mandiri (UKM) produksi minuman Sari Kedelai di Driyorejo Kabupaten Gresik. Adapun saat ini  mitra mengalami permasalahan yang klasik dimana mitra mengalami suatu kesulitan disebabkan karena belum memiliki logo/ merk yang dapat dijadikan sebagai identitas usaha mitra untuk membedakannya dari produk sejenis produksi pihak lain. Disamping itu, dari segi pemasaran, kemasan yang digunakan oleh mitra hanya dalam bentuk kemasan kantong plastik sederhana diikat karet gelang, tanpa diberi merek yang di titipkan di lapak jajan pasar di daerah sekitar Surabaya Barat. Penjualan yang lebih  luas wilayahnya diharapkan akan dapat meningkatkan pendapatan usaha mitra UKM. Dan  juga memperbaiki manajemen dan permodalan, agar bisa makin memberikan nilai tambah  bagi mitra.

Untuk itu, implementasi program pengabdian ini antara lain meliputi: 1) Memberikan pelatihan produksi minuman Sari kedelai. 2) Melakukan pendampingan dalam promosi menggunakan social media. 3) Memberikan pendampingan pembuatan merk/logo kemasan. 4) Memberikan pelatihan dan pendampingan dalam menentukan pembukuan untuk produksi

Dengan adanya kegiatan Program Pengabdian Masyarakat , maka penjualan bisa meningkat yang diiringi peningkatan pendapatan bagi Mitra. Diharapkan kegiatan Program Pengabdian Masyarakat dengan Mitra sesuai target yang ingin dicapai.

Keywords: ukm, sari kedelai, peningkatan pendapatan
Full Text:
Section
Teknologi Informasi dan Komunikasi