Edukasi Perilaku Hidup Bersih Sehat pada Anak Usia Dini dan Orang tua Siswa

    Riama Marlyn Sihombing, Veronica Paula, Kinanthi Lebdawicaksaputri, Dora Irene Purimahua, Anthina Dorthea Luturmas,

Abstract

Latar belakang: Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) yang dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan perlu diterapkan di lingkungan sekolah dan dibentuk sejak masa anak-anak. Namun anak usia dini belum memiliki kemampuan untuk menerapkan dan memahami pentingnya kebersihan diri yang layak. Orang tua dan guru berperan untuk meningkatkan kesadaran hidup yang sehat bagi anak usia dini di sekolah maupun rumah. Edukasi PHBS ini suatu tindakan promotif dan preventif pemeliharaan kesehatan masyarakat terhadap penyakit menular yang diharapkan menumbuhkan kepekaan dan kesadaran warga sekolah terhadap hidup sehat. Metode: Kegiatan edukasi PHBS dilakukan dalam dua kelas. Kelas pertama penyampaian materi PHBS kepada siswa menggunakan metode panggung boneka sedangkan kelas yang lain edukasi kepada orang tua siswa dengan metode ceramah dan diskusi. Pada akhir kegiatan peserta mempraktekkan mencuci tangan dengan sabun menggunakan air mengalir. Evaluasi kegiatan edukasi dilakukan dengan memberikan pre dan post-test kepada orang tua siswa.

Hasil: Pengetahuan peserta tentang PHBS mengalami peningkatan dari rata-rata pengetahuan sebelum edukasi sebesar 96,88 menjadi 98,75 setelah edukasi. Siswa dan orang tua dapat mempraktekkan enam langkah mencuci tangan dengan benar. 

Kesimpulan: Pengetahuan orang tua meningkat setelah dilakukan edukasi PHBS. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini memiliki implikasi bagi orang tua dan siswa untuk mempromosikan PHBS baik di sekolah maupun di rumah.

Full Text:
Section
Kesehatan