Workshop Pemanfaatan Permainan Edukasi Digital Bagi Guru Pra-Sekolah Di Kota Mataram

    Giri W. Wiriasto, M.Syamsu Iqbal, L.Syamsul Irfan A,

Abstract

Penggunaan alat peraga digital (APD) dalam proses pembelajaran bukanlah sesuatu yang terbaru dari macam ragam media pembelajaran yang telah ada. Hanya saja, dalam kondisi tertentu misalnya keterbatasan ketersediaan perangkat teknologi, menjadikan APD sesuatu yang berbeda. Terlebih dalam suasana pemulihan pasca bencana gempa, semua pihak berusaha menghadirkan sesuatu hal agar perasaan traumatik siswa pra-sekolah (TK/PAUD) menjadi berkurang, mimnimal perhatian mereka teralihkan. APD yang basis kontennya mengandung unsur multimedia dapat menjadi sarana pereda traumatik yang dapat dikemas dalam bermain sambil belajar. Untuk menggunakannya para guru perlu dibekali pemahaman konten APD dengan kegiatan pelatihan atau Workshop tentang materi bahan ajar berbasis digital ini. Secara rinci APD ini dapat dikategorikan sebagai aplikasi (perangkat lunak) yang hanya dapat dijalankan menggunaan perangkat Komputer baik komputer rumah/sekolah maupun di perangkat laptop. Dampak dari penggunaan APD ini dimana tim telah lebih dahulu melakukan pengujian pada skema kegiatan lainnya setelah melakukan beberapa kali ujicoba pada 2 sekolah mitra, Aplikasi ini mampu membuat para siswa menjadi tidak bosan dan antusian untuk menggunakannya. Di Dalam APD ini tersusun menjadi 11 materi tematik digital yang telah di kembangkan mengacu pada kurikulum Sekolah. Segmen pengguna aplikasi permainan digital Edukatif ini diutamakan adalah siswa dengan usia 4 hingga 6 tahun dan berlokasi di TK/PAUD PGRI Kelurahan Dasan Agung-Kota Mataram. Harapannya setelah Sekolah dan para Guru memperoleh Aplikasi Edukasi ini serta Workshop penggunaannya, Para Guru dapat dengan mudah menggunakannya didepan Kelas.

Keywords: Game Edukasi,, Alat Peraga Digital,, Serious Games
Full Text:
Section
Teknologi Informasi dan Komunikasi