SOSIALISASI APLIKASI BUKUKAS SOLUSI PEMBUKUAN KEUANGAN DIGITAL BAGI UMKM LUBUK MINTURUN

    Riani Sukma Wijaya, Dewi Sartika, Nini Nini,

Abstract

Di era digital ini masyarakat diharapkan mampu menguasai teknologi dan mengoperasikannya, terutama bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah yang dituntut untuk bisa membuat pembukuan secara digital mengguanakan smartphone mereka agar bisa memudahkan dalam pencatatan keuangan, menghitung harga pokok penjulannya dan berapa laba yang di harapkan. Dimana selama ini para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah hanya mencatat pembukuan dan transaksi keuagan secara manual, sehingga mereka kesulitan dalam  menghitung harga pokok penjualan, menentukan laba dan jumlah persediaan, oleh karena itu penulis ingin mensosialisasikan aplikasi BukuKas yang dapat membatu mereka dengan mudah mencatat transaksi keuangannya dan bisa memasarkan produk yang dihasilkan melalui social media.

Tujuan pengabdian ini supaya para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah dapat dengan mudah mencatat transaksi keuangannya dengan menggunakan aplikasi BUKUKAS yang ada di Smartphone mereka dan dengan mudah mengetahui berapa harga pokok penjulan dalam menentukan harga jualan, berapa jumlah persediaan yang ada serta dapat membuat laporan keuangan dengan mudah dan benar.

Metode yang dirancang dalam kegiatan ini dimulai dari memberikan sosialisasi tentang penggunaan Aplikasi BukuKas, menjelaskan fitur-fitur yang ada dalam aplikasi tersebut serta memberikan contoh transaksi dalam pengoperasian  aplikasi tersebut.

Adapun hasil dari kegiatan ini diharapkan para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah  mampu mengunakan aplikasi BukuKas, mereka sudah bisa mengoperasikan transaksi yang ada didalam BukuKas, dan bisa menghitung harga pokok penjualan, melakukan pencatatan keuangan dan membuat laporan keuagan dengan nudah dan benar. Disamping itu mereka sudah bisa memasarkan produknya secara online dengan menggunakan fitur-fitur yang ada dalam aplikasi BukuKas tersebut.

Keywords: Aplikasi BukuKas, harga pokok penjualan dan Laporan Keuangan
Full Text:
Section
Ekonomi, Sosial, dan Budaya