OPTIMALISASI PEMASARAN MELALUI WEBSITE DAN WHATSAPP DALAM UPAYA PENINGKATAN PENDAPATAN BAGI PELAKU UMKM DI KABUPATEN KAMPAR

    Suarni Norawati, Zulher Zulher, Sahrono Sahrono, Silvany Silvany,

Abstract

UMKM sudah membuktikan peranannya sebagai penopang perekonomian baik dalam krisis ekonomi maupun pandemi Covid-19, yang menyebabkan terjadinya kelesuan perekomian masyarakat. Kabupaten Kampar memiliki jumlah UMKM terbesar kedua di Propinsi Riau. Kondisi pandemi Covid-19 saat ini, mendorong pemanfaatan teknologi dalam berbagai kegiatan masyarakat. Melihat kondisi ini, maka para pelaku UMKM juga dapat memanfaatkan teknologi tersebut dalam kegiatan pemasaran produk yang dihasilkan.

Tujuan dari pelaksanakan pengabdian kepada masyarakat ini adalah mengoptimalkan kegiatan pemasaran melalui website dan whatsapp dalam upaya peningkatan pendapatan bagi pelaku UMKM di Kabupaten Kampar. Mitra dalam kegiatan ini adalah 100 pelaku UMKM yang berdomisili di Kabupaten Kampar.

Metode pelaksanaan kegiatan ini dibagi dengan beberapa tahap yaitu sosialisasi program pada pelaku UMKM yang menjadi mitra, membuat website program atau sistem pemasaran yang dilinkkan dengan whatsapp oleh tim pengabdian, tahap pendampingan pendataan produk unggulan masing-masing UMKM, kemudian pendampingan dalam pengggunaan program selama satu bulan berikutnya dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Hasil pengabdian kepada masyarakat ini, dapat memberikan manfaat pada pelaku UMKM, yaitu berupa peningkatan pendapatan dari sebelumnya dengan rata-rata peningkatan 15-25% per hari. Hal ini disebabkan karena pemanfaatan website dan whatsapp dalam kegiatan pemasaran, dapat memberikan informasi kepada calon konsumen dari produk-produk yang mereka hasilkan, disamping itu konsumen dapat melakukan komunikasi dan negosiasi langsung dengan penjual tanpa melalui pihak ketiga, sebagaimana sistem e-commerce yang ada selama ini serta tidak ada biaya administrasi yang dibebankan kepada penjual karena adanya pihak ketiga.

Section
Ekonomi, Sosial, dan Budaya