SOSIALISASI DATABASE RELASIONAL E-DOCUMENT BKD dan LKD DOSEN FLATFORM MICROSOFT ACCESS PADA UNIVERSITAS DHARMA ANDALAS PADANG

    Idwar Idwar, Yofina Mulyati, Prima Yulianti,

Abstract

Sebagai seorang dosen mempunyai tanggung jawab untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan wajib membuat laporan kinerja pada BKD dan LKD secara manual yang kemudian dilakukan dengan komputerisasi, nanum masih banyak kendala dalam pengarsipan, maka disini penulis membuat sosialisasi agar easy to documentation arsip dosen secara elektronik dimasa pandemic covid-19, untuk ini penulis membuat implementasi database e-document BKD dan LKD dengan aplikasi Microsoft Access.

 

Tujuan pengabdian ini untuk membantu : 1)Dosen Mengarsipkan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi secara perorangan. 2). Mendigitalisasi document dalam bentuk files. 3) Mendatabase file-file BKD dan LKD dosen pada tingkat Universitas persemester Gasal/Genap.

 

Metode yang dirancang dalam kegiatan ini berupa : 1) Mencreate table-tabel database relasional . 2) Mencreate Form-form input. 3) MenQuerykan relasi-relasi table sebagai kebutuhan informasi BKD dan LKD.

 

Adapun hasil dari kegiatan ini diharapkan dosen mampu mengunakan flatform Microsoft Access untuk e-document BKD dan LKD, hasil kegiatan pengabdian ini : 1) Mensosialisasikan Database Relasional. 2)Mendemokan aplikasi e-document untuk input data-data dosen. 3) Target luaran berupa : software Aplikasi, Paten/Haki software dan journal.

Full Text:
Section
Teknologi Informasi dan Komunikasi