Pelatihan Literasi Media Menghadapi Era Industri 4.0 Bagi Ibu Rumah Tangga Di Daerah Tangerang

    Agustin Diana Wardhaningsih, Sigit Pamungkas,

Abstract

Kehadiran media sosial menjadi salah satu alat komunikasi yang mampu menembus ruang dan waktu.  Kemudahan yang ditawarkan membuat media sosial menjadi salah satu referensi masyarakat untuk mengakses informasi atau berita dengan cepat.  Dan terkadang informasi yang didapat positif dan mengandung kebenaran tetapi bisa saja informasi yang didapat merupakan berita bohong alias hoax. Perlu adanya literasi media sosial agar penggunaannya bukan mengarah ke hal yang negatif, tetapi menjadi positif dan bisa membangun kesejahteraan masyarakat. 

Salah satu media sosial yang sangat tinggi penggunaannya di Indonesia adalah Whatsapp. Bukan hanya generasi muda saja yang menggunakannya tetapi juga orang tua, salah satu nya para ibu rumah tangga. Ibu rumah tangga wajib melek digital. Ibu rumah tangga harus mau belajar dan setidaknya mengetahui cara menggunakan media sosial secara positif. Dengan demikian peran ibu rumah tangga bisa aktif memberikan pengajaran kepada anak-anaknya sehingga mereka pun bisa menjadi generasi yang kreatif tidak hanya pasif menerima setiap informasi, tetapi bisa bijak menggunakan media sosial.

Kegiatan PKM ini bertujuan untuk memberikan pembelajaran kepada para ibu rumah tangga cara bijak bermedia sosial whatsapp.  PKM ini dilakukan di dua lokasi di daerah Tangerang.  PKM yang pertama adalah bagi ibu-ibu PKK kelurahan Bencongan  Indah, Karawaci, dan juga bagi ibu-ibu rumah tangga di daerah Mauk, Tangerang.

Keywords: Literasi Media, Media Sosial, Media Positif
Full Text:
Section
Pendidikan