Pengaruh Penyuluhan Tentang Adaptasi Kebiasaan Baru Bagi Ibu Hamil di Poliklinik Kebidanan RSUD Ulin Banjarmasin

    Renny Aditya,

Abstract

Coronavirus disease 2019 (Covid-19) adalah penyakit yang sedang mewabah hampir di seluruh dunia saat ini, dengan nama virus Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus-2 (SARS-COV2). Penyakit ini pertama kali dilaporkan pada 31 Desember 2019. Pada ibu hamil penyakit Covid-19 ini tentunya menjadi perhatian khusus. Perhimpunan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) menyerukan keamanan bagi bu hamil, ibu menyusui, bayi serta anak-anak dari pandemi Covid-19 masih mengancam semua orang. Wanita hamil dan bayi yang baru lahir seharusnya dianggap sebagai populasi berisiko utama dalam strategi yang berfokus pada pencegahan dan manajemen Infeksi Covid-19 ini.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penyuluhan yang dilakukan melalui daring tentang adaptasi kebiasaan baru bagi ibu hamil di Poliklinik Kebidanan Di RSUD Ulin Banjarmasin

Penelitian ini merupakan penelitian pra-eksperimental dengan pendekatan one group pretest-posttest design. Besar sampel penelitian adalah 25 responden dengan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon dan t berpasangan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh penyuluhan tentang adaptasi kebiasaan baru bagi ibu hamil terhadap tingkat pengetahuan (p value= 0.005) dan sikap (p value= 0.003).

Keywords: adaptasi kebiasaan baru, ibu hamil, Covid-19
Full Text:
Section
Kesehatan