Kerajinan Tenun Tradisional Blongsong/Tajung Palembang

    Indri Ariyanti, Taufikurrahman Taufikurrahman, Leni Novianti,

Abstract

Salah satu Industri tenun tradisional Palembang (blongsong/tajung) merupakan salah satu industri andalan di Sumatera Selatan.   Pertumbuhan industri tenun tradisional di kota Palembang (blongsong/tajung) cukup pesat.   Masing-masing industri memiliki 2 - 10  tenaga kerja tetap dan juga tenaga kerja lepas.

Di antara usaha kecil dan menengah, usaha kerajinan kain tenun blongsong/tajung Palembang mempunyai karakteristik yang sangat khusus, dan telah menjadi Kebudayaan Indonesia yang tetap bertahan secara konsisten.  kain tenun blongsong/tajung berkembang dan menyebar di Sumatera bahkan ke seluruh Indonesia dan mancanegara.   Sampai saat ini kain kain tenun blongsong/tajung dengan motif kedaerahan semakin berkembang secara nasional.

UKM Ilham Cha-cha collection dalam pelaksanaan salah satu permasalahannya adalah alat menggulung benang (alat kelos) yang masih dilakukan secara manual.    Untuk mengatasi permasalahan tersebut ditawarkan solusi untuk membantu memberikan alat kelos baru yang bisa digunakan untuk menggulung gelondongan benang menggunakan energi listrik, sehingga bisa membantu UKM Ilham Cha-Cha dalam proses produksi. Disamping itu juga diberikan kesempatan untuk mengikuti pelatihan design web sehingga bisa membantu dalam proses promosi UKM Ilham Cha-Cha.

Keywords: Weaving Industry, Blongsong / Tajung, Palembang
Full Text:
Section
Teknologi Tepat Guna