Bank Sampah Lontar Mandiri : Pemberdayaan Ibu-Ibu Pkk Kelurahan Lontar Kecamatan Sambikerep

    Mei - Indrawati, Hidayat Hidayat, Chamariyah Chamariyah,

Abstract

Sampah / limbah rumah tangga di satu sisi merupakan masalah bagi perkotaan di Surabaya, namun jika sampah / limbah rumah tangga dimanfaatkan dapat mendatangkan nilai ekonomi berupa tambahan pendapatan/income bagi rumah tangga. Dalam rangka memanfaatkan sampah / limbah rumah tangga inilah, maka kegiatan ini dilaksanakan. Kegiatan ini dilaksanakan di RT 05 RW 02 Kelurahan Lontar Kecamatan Sambikerep Kota Surabaya.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah : 1) Peningkatan pendapatan rumah tangga; 2) Peningkatan jiwa wirausaha bagi ibu-ibu PKK di RT 05 RW 02 Kelurahan Lontar; dan 3) Penataan administrasi Bank Sampah Lontar Mandiri.

Kegiatan ini menggunakan dua metode yaitu metode pelatihan dan pendampingan. Metode pelatihan meliputi : 1) Pelatihan  kewirausahaan; 2) Pelatihan tertib administrasi dan 3) Pelatihan pemasaran. Sedangkan metode pendampingan meliputi :1) Pendampingan penguatan jaringan kegiatan pemasaran dan 2) Pendampingan penguatan kelembagaan.

Hasil dari kegiatan ini adalah : 1) Terdapat tambahan pendapatan rumah tangga antara Rp. 50.000 sampai dengan Rp. 150.000 per bulan; 2) Munculnya jiwa wirausaha bagi ibu-ibu PKK di RT 05 RW 02 Kelurahan Lontar; dan 3) Tersusunnya dokumen-dokumen administrasi Bank Sampah Lontar Mandiri.

Keywords: Pemberdayaan, Bank Sampah, pelatihan; pendampingan; kewirausahaan
Full Text:
Section
Ekonomi, Sosial, dan Budaya