PKM Sistem Informasi Desa Bringkang Sebagai Portal Desa

    suryo atmojo, Randy Dwi Romadhoni,

Abstract

Pembangunan pedesaan mengalami perubahan signifikan seiring pesatnya perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Infrastruktur (TIK).TIK berdampak besar terhadap pembangunan pedesaan. Desa-desa yang selama ini termarjinalkan dalam peta TIK kini perlahan-lahan mulai dikenal secara global.

Desa Bringkang merupakan salah satu desa yang berada pada Kecamatan Menganti di Kabupaten Gresik Jawa Timur. Desa ini memiliki lokasi yang cukup dekat dengan kota-kota besar, seperti Surabaya, Mojokerto dan Sidoarjo. Hal ini memungkinkan cukup banyak penduduk yang merupakan pendatang dari kota-kota besar dan akses penyebaran teknologi ke Desa Bringkang semakin tinggi sehingga penduduk melek teknologi semakin banyak. Desa Bringkang memiliki 8 perangkat desa, tetapi perangkat desa yang merupakan pengadopsi teknologi hanya 1 orang dari 8 orang, meskipun sudah ada pembinaan dan pelatihan penggunaan teknologi untuk perangkat desa hanya beberapa yang mengimplementasikannya. 

Berdasarkan permasalahan tersebut, sangat diperlukan adanya portal desa dengan penyuluhannya, guna mengoptimalkan informasi yang terserap oleh warga dan aspirasi. Hasil dari kegiatan ini, 93% masyarakat menilai portal mudah digunakan oleh masyarakat desa, dengan 87% masyarakat menilai pentingnya sistem informasi desa untuk penyebaran informasi di desa.

Keywords: Sistem, Desa, Portal, Informasi
Full Text:
Section
Teknologi Informasi dan Komunikasi