Literasi Media Di Yayasan Perguruan Markus Tangerang

    Rambu Naha, Rosse Mince Hutapea,

Abstract

Kehadiran media baik itu media mainstream maupun media baru tidak saja memberikan dampak positif tetapi juga dampak negatif. Hadirnya informasi hoaks, kesalahan menafsirkan informasi, serta informasi tidak yang disampaikan dalam ruang publik merupakan bukti bahwa masyarakat sesungguhnya perlu diberikan edukasi mengenai literasi media. Literasi media merupakan kemampuan untuk mengakses, menganalisa, mengevaluasi dan menghasilkan pesan melalui berbagai konteks (Livingstone, 2004). Edukasi mengenai literasi media berarti bahwa memberikan wawasan dan pengetahuan untuk cerdas dalam bermedia.

Melihat adanya kebutuhan masyarakat untuk memperoleh edukasi mengenai literasi media, maka Universitas Pelita Harapan melalui Program Studi Pendidikan Jarak Jauh Ilmu Komunikasi turut berkontribusi melakukan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat berupa edukasi literasi media di Yayasan Perguruan Markus Tangerang. Kegiatan edukasi ini berfokus kepada siswa dan orang tua murid yang materinya dikemas secara komprehensif sehingga setiap peserta dapat memahami materi yang disampaikan. Edukasi literasi media diawali dengan kelas workshop untuk memberikan gambaran umum mengenai literasi media, kemudian peserta dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil dengan dua orang fasilitator dari dosen dan mahasiswa untuk membantu peserta memahami lebih dalam lagi mengenai literasi media. Dalam diskusi yang bersifat dua arah ini, peserta diajak memahami literasi media menggunakan games yang dikemas secara menarik.

Melalui edukasi literasi media, setiap peserta diharapkan untuk tidak saja memahami bagaimana pemanfataan media, tetapi juga mampu untuk menjadi agen untuk melakukan sosialisasi literasi media kepada teman, keluarga dan kelompok masyarakat dimana mereka terlibat didalamnya.

Kata Kunci: literasi media, dampak media, edukasi literasi media

Keywords: literasi media, edukasi, critical thinking
Full Text:
Section
Teknologi Informasi dan Komunikasi