PPM PELATIHAN SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI DAN PENCATATAN KEPENDUDUKAN KAMPUNG GEBANG SIDOARJO

    Suzana Dewi, Suryo Atmojo, Krisnadhi Hariyanto,

Abstract

Penyampaian informasi di lingkungan RW VIII Kelurahan Gebang ternyata masih dilakukan secara tradisional melalui surat edaran maupun pemberitahuan secara langsung. Hal ini terlihat kurang efisien, karena hanya disampaikan secara lisan. Informasi penting yang seharusnya diterima oleh masyarakat, khususnya di lingkungan Kelurahan Gebang, akhirnya menjadi kurang dimengerti, kurang merata dan lambat.

 

Pada mutu layanan, didapati rendahnya partisipasi masyarakat dalam mendukung terciptanya Sistem Database Sosial-Spasial yang Valid. Dan pada manajemen Mitra ditemukan belum  tertatanya  Sistem  Manajemen  Database  Sosial-Spasial  di  Tingkat  RW. Untuk itu diperlukan adanya penerapan sebuah aplikasi atau system yang  dapat membantu mitra dalam pengakuratan data peristiwa penduduk.

 

Berdasarkan pertimbangan tersebut, maka tim pelaksana mencoba memberikan jalan keluar untuk mengatasi permasalahan yang ada, yaitu adanya penerapan sebuah aplikasi atau system yang  diharapkan dapat membantu dalam pengakuratan data peristiwa penduduk. Aplikasi tersebut adalah Sistem Data Kependudukan (SIDAK).

 

Setelah menggunakan Aplikasi Sistem Data Kependudukan (SIDAK) maka proses  pendataan  penduduk  di  RW VIII kelurahan Gebang,  baik bagi  warga yang datang, maupun warga  yang pindah ke tempat lain menjadi lebih mudah dan resiko kesalahan pencatatan penduduk menurun. Karena dengan menggunakan aplikasi tersebut, petugas di lingkungan RW VIII Kelurahan Gebang dapat memantau langsung perkembangan penduduk setiap saat.

Full Text:
Section
Teknologi Informasi dan Komunikasi