Peningkatan Kompetensi Sumber Daya Manusia Melalui Pelatihan Ketrampilan Teknik Listrik Tenaga Surya

    Siti Nurul Hijah, Mohammad Komarudin,

Abstract

Potensi sumber energi matahari yang begitu besar belum termanfaatkan secara optimal. Sebagai sumber energi yang terbarukan dan bebas emisi, pemanfaatan energi surya sebagai penghasil listrik sangat potensial untuk dikembangkan di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Kita ketahui bahwa harga listrik yang diperoleh dari energi tak terbarukan ini jauh lebih mahal dalam jangka waktu pendek, namun jauh lebih berharga ketika dihitung dalam jangka waktu panjang khususnya dari aspek perlindungan lingkungan hidup. Untuk itu sudah selayaknya kita memahami lebih lanjut isu energi terbarukan, salah satunya energi panas matahari atau tenaga surya. Akan tetapi besarnya potensi sumber energy terbarukan tersebut belum mampu dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat luas, oleh karena terbatasnya kompetensi sumber daya manusia yang mampu memanfaatkan energy tersebut.

Fakultas Teknik Universitas Islam Al-Azhar bekerjasama dengan Vlok Foundation Holland dan Balai Latihan Kerja Provinsi NTB, berusaha memberikan sumbangsih guna peningkatan Kompetensi Sumber Daya Manusia melalui pemberdayaan dan pelatihan masyarakat melalui proses yang terpadu dan berkelanjutan. Salah satu kegiatan peningkatan kompetensi yang dilaksanakan adalah pelatihan ketrampilan Pertukangan Listrik Tenaga Surya (PLTS). Tujuan dari pelatihan ini adalah memberikan pemahaman dalam perencanaan, perancangan, instalasi, pengoperasian dan pemeliharaan PLTS dengan benar sesuai dengan kaidah teknik yang ditetapkan.

Pelaksanaan praktik pemasangan instalasi PLTS dilaksanakan di Desa Pemongkong Kab. Lombok Timur. Desa Pemongkong merupakan desa yang berada didaerah pesisir dengan potensi paparan sinar matahari yang sangat baik. Hasil akhir yang diharapkan dari pelatihan ini adalah mampu memberikan pendidikan, peningkatan ketrampilan dan kompetensi serta kesempatan/peluang kerja kepada masyarakat kurang terampil untuk meningkatkan ketrampilan teknis sesuai keahlian, serta meningkatkan produktivitas kerja sehingga mampu membantu meningkatkan ekonomi keluarga.

Keywords: Kompetensi, Energi Tenaga Surya
Full Text:
Section
Pendidikan